19 Agu 2011

Ku belajar hari ini :)

Hai teman, hari ini (18/07) di sekolah, aku telah mempelajari sesuatu yang berharga. kalian tau? buguru ku cerita tentang kesedihannya pada ketidak-adilan di negeri kita tercinta ini ... kalo aku pikir-pikir, buguru ada benarnya juga...
di postingan ini aku mau sedikit bercerita tentang hal yang baru saja aku pelajari :)

Di sela-sela mengajar tadi, buguru bercerita sedikit tentang apa yang dia rasakan, tentang apa yang ada di dalam hatinya.
Pokok dari ceritanya tadi adalah tentang ketidak-adilan pemerintah Indonesia, khususnya untuk Indonesia Timur.. kami yang tinggal di Papua &sekitarnya ..
Buguru bilang, pulau Papua kita ini sangatlah kaya.. sumber daya alam terkumpul disini. tapi orang-orang di Ibukota mengambil kekayaan disini dan membawanya ke tempat asal mereka, untuk keperluan mereka sendiri.. pulau kami dibiarkan begitu saja.. dibiarkan, seperti tak berharga, padahal sebenarnya pulau kamilah yang kaya..

Jakarta, kota itu kaya hanya karena pajak-pajak mobil dan kendaraan lain yang mereka ambil..
Bicara soal pajak, di negara kita ini banyak sekali terjadi korupsi, kasus suap, dan sebagainya..
Salah satunya adalah kasus Nazarudin. Menurutku, dia sudah melakukan kesalahan besar.. Tapi kenapa? kenapa masih saja butuh uang yang sangat besar untuk menjemputnya..?? 4 Milyar dikeluarkan negara hanya untuk menjemput orang seperti itu. tanpa menyadari kesalahan yang dia lakukan, dia dijemput oleh pesawat yang mewah..
Bayangkan saja, 4 Milyar?? bisa untuk apa saja uang sebanyak itu? kenapa tidak diberikan saja kepada fakir miskin di negara kita? kenapa tidak untuk membiayai pendidikan di Indonesia? apakah pendidikan itu tidak penting? kenapa masih saja menghabiskan uang untuk hal yang tak penting daripada melunasi hutang negara?

Hutang negara kita sangatlah besar.. aku tak bisa membayangkan, dalam keadaan seperti ini, masih saja ada rencana untuk membangun gedung DPR yang baru. Apakah anggota DPR telah melaksanakan tugas mereka dengan baik? aku rasa tidak.. lihat saja kelakuan anggota DPR saat sidang, mereka hanya TIDUR, bermain hp, atau bahkan pernah ada yang menonton video yang tak sepatutnya..

Kalau kita perhatikan.. pulau Jawa, dari ujung ke ujung transportasi memadai, jalur rel kereta api, jalur busway, semuanya lengkap..
Sedangkan di Indonesia Timur? apakah ada yang namanya kereta api? TIDAK. kalau ditanya mengapa, pasti jawabannya adalah kondisi permukaan di sini yang tidak rata.. sehingga tidak memungkinkan untuk dibuatnya jalur rel kereta api..
apakah tidak bisa? tentu saja bisa... setiap jalan-jalan, biasanya saya melihat orang-orang sedang mengeruk gunung untuk di ambil tanahnya...
atau tidak.. uang 4M yang di keluarkan untuk menjemput Nazarudin bisa saja dipakai untuk biaya meratakan gunung-gunung disini dan dibuatnya jalur rel kereta api.. iya kan?

Kembali lagi soal korupsi dan kasus suap yang merajalela di negara kita ini..
Anggota DPR, apakah kurang gaji kalian? apakah tidak seimbang gaji kalian dengan apa yang TELAH kalian lakukan untuk bangsa dan negara? ku rasa tidak.. pernah suatu waktu ku lihat rincian gaji yang kalian peroleh di internet.. dan itu sangatlah banyak. apa kalian tidak puas dengan apa yang kalian dapatkan?

Tidak sadarkah kalian, masih banyak orang-orang di negara kita yang tidak makan dalam harinya..?? Mereka tak mempunyai uang.. tak pernahkah kalian melihatnya? tak pernahkah kalian melihat pengemis di setiap sudut kota? saya yakin.. kalian pasti melihatnya.. namun ketidakpedulian kalian saja yang membuat kalian tidak menyadarinya..
masih tegakah kalian mengambil uang rakyat? masih tegakah kalian mengambil hak rakyat?? saya tidak habis pikir.. kalian semua pasti berpendidikan tinggi, dan saya yakin kalian pasti pernah menduduki bangku sekolah .. saat dimana kalian menimba ilmu dengan sungguh-sungguh untuk meraih cita-cita kelak..
di saat itulah, saat dimana kalian tanamkan pada diri kalian, bahwa kalian adalah generasi penerus bangsa.. saya tahu, karna saya juga adalah seorang pelajar.. guru saya selalu tanamkan hal itu pada saya dan kawan-kawan sehingga kami tak boleh bermalasan untuk belajar..
Saya yakin.. di saat kalian sekolah, pasti kalian belajar tentang pentingnya berbagi.. di ajarkan untuk mementingkan kepentingan bersama.. BUKAN kepentingan sendiri dan menjadi BUTA karena HARTA..
namun dimana hal itu sekarang? HILANG. tidak ada lagi hal itu dalam benak kalian..

...
Yang saya pikirkan.. dimanakah hati nurani kalian? tidakkah kalian peduli terhadap sesama?? Saya tak tahu tentang hal itu..
...

Hm, kembali kepada Indonesia Timur :)
untuk para pemerintah.. saya harap anda-anda sekalian bisa kembali memikirkan nasib kami yang berada di sini.. buatlah kami adil dengan orang-orang di Ibukota dan sekitarnya.. kami hanya butuh keadilan..
...

Pada poinnya, kata guru saya, hal yang paling membuatnya sedih adalah ketidakbijakan pemerintah dalam mengeluarkan uang negara, yaitu untuk hal yang tidak begitu penting seperti saya sebutkan di atas.. saya setuju dengannya, karna sebenarnya itulah yang saya pikirkan sejak awal..
dan..
Seperti anak yang lainnya, saya juga suka menonton acara TV seperti ajang mencari bakat..
Disitulah saya merasa sedih.. kenapa ajang itu tidak menggelar ajangnya di Indonesia Timur?? tidak sedikit putra-putri Timur yang memiliki bakat,, tidakkah disadari ??
...
...

Hmm.. ku kira sampai disini saja yaaaa curhatannya.. sepertinya udah banyak :))
dan.. maaf ya sudah lama tidak posting disini, ;D

gbye :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan cuma baca dong, leave comment jugaa :)